Renungan Bagi Pekerja Yang Kurang Ikhlas



Assalamualaikum Wr. Wb.
Bersyukur adalah salah satu kata yang mudah untuk diucapkan akan tetapi sulit untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, rasa syukur sangat dibutuhkan manusia agar dapat menyeimbangkan kehidupan , kenapa sih kita harus selalu bersyukur? nikmat yang diberikan Allah SWT tiada terkira, kalau kita mau berhitung berapa nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kita tidak bisa mengitungnya mulai dari kita bangun tidur hingga kita kembali tidur di malam hari.
Rasa syukur yang harus kita miliki akan menumbuhkan rasa cukup dalam hidup ini dengan bersyukur maka kita dapat mengendalikan nafsu hidup kita akan dunia.
dalam dunia kerja terkadang kita merasa kurang dengan apa yang telah kita dapatkan, merasa gaji yang didapatkan tidak mencukupi, fasilitas kurang memadai, pekerjaan terlalu banyak, yang akhirnya akan menimbulkan rasa tidak ikhlas dalam bekerja, dimana pekerjaan yang diberikan adalah amanah yang harus kita kerjakan. Bagaimana supaya kita dapat menikmati pekerjaan kita dengan penuh rasa syukur:


  1. Bersyukur atas nikmat yang diberikan walaupun dengan gaji yang secukupnya namun dengan gaji tersebut kita dapat menafkahkan keluarga kita dimana keluarga kita adalah titipan dari Allah yang harus kita nafkahi, dengan rasa syukur tersebut maka akan timbul rasa ikhlas dan bekerja dengan hati.
  2. Cukup, merasa cukup adalah rasa yang sangat penting dalam bersyukur, sifat dasar manusia adalah ketidakpuasan dan selalu tidak merasa cukup atas nikmat yang telah diberikan, sifat ini akan berdampak positif kalau kita mampu mengelolanya, misalkan untuk memotivasi kita dalam meraih impian dalam hidup kita yang akan memberikan manfaat untuk orang yang membutuhkan, akan tetapi kita harus mengontrol dengan merasa cukup atas apa yang yang telah diberikan Allah selama ini.
  3. Ikhlas, dengan rasa ikhlas kita akan selalu mensyukuri atas semua perbuatan yang telah kita lakukan dengan memberikan arti atas setiap perbuatan kita yang akan memberikan manfaat bagi orang banyak, ikhlas adalah rasa yang paling sulit kita tumbuhkan akan tetapi setelah tumbuh rasa ikhlas didalam semua pekerjaan kita maka kita kan merasa menikmati hidup ini dengan penuh rasa syukur.
demikianlah renungan dari saya semoga memberikan pencerahan bagi kita semua, mohon maaf apabila ada kata-kata yang masih rancu karena masih baru belajar, kritik dan saran saya sangat harapkan. 
Wabilahitaufik Walhidayah 
Wassalamualikum Wr. Wb.


Komentar

Postingan Populer