Resep Ayam Goreng Kremes

Enak atau tidaknya ayam kremes yang anda buat tidak terlepas dari komposisi bahan-bahan serta bumbu yang digunakan. Bahkan sebagian orang masih mengira membuat ayam kremes itu sulit. Kesulitan tersebut lebih pada saat membuat kremesan. Karena ternyata memang membutuhkan teknik tersendiri untuk cara membuat ayam goreng kremes. Yaitu dengan membuat ”bubur kanji atau bubur tepung tapioka” terlebih dahulu.
Bahan-bahan ayam goreng kremes:
1 ekor ayam, boleh utuh atau dipotong
3 daun jeruk
3 daun salam
Sepotong lengkuas
(Jika suka, boleh tambahkan santan kental untuk dicampurkan saat direbus)
Bumbu ayam goreng kremes yang dihaluskan :
6 siung bawang merah
6 siung bawang putih
1 sdm ketumbar
1 sdt merica
1 ruas jari jahe
1 sdt jintan
1 ruas jari kunyit (optional)
2 sdm garam
Bahan Kremesan ayam goreng (aduk rata) :
125  gram tepung beras (aku sekitar 200gram – jadi adonannya mayan kentel gitu)
25    gram tepung sagu (atau gunakan tepung maizena)
1 kuning telur
1/4  sdt  kunyit bubuk (atau bisa gunakan kunyit asli 1 ruas jari)
175 ml air
75   ml air sisa rebusan ayam
1 1/2 sdt garam

Cara memasak Ayam Goreng Kremes:
  1. Cuci daging ayam yang masih utuh atau dipotong (menurut selera) hingga tidak ada sisa darah yang menempel di daging ,usahakan maras (jantung ayam) di buang agar ayam tidak cepat bau, 
  2. Masukkan air dan bumbu yang sudah di haluskan ke dalam panci, (kalau saya biasanya saya biarkan dulu ayam dalam rendaman air bumbu sebelum direbus, selama kurang lebih 1 jam, dengan tujuan agar bumbu lebih meresap. Tutup rendaman ayam dengan plastik atau tutup panci.) 
  3. Rebus Ayam kurang lebih 2,5 jam agar ayam lebih empuk dan bumbu lebih meresap ke dalam daging Ayam (tidak hanya asin luarnya saja). 
  4. Setelah Ayam selesai di rebus tiriskan sebentar untuk mengeringkan badan ayam. 
  5. Saring kuah atau kaldu ayam, buang ampasnya. Dinginkan kaldunya. 
  6. Setelah kuah kaldu ayam dingin, siapkan adonan kremes. Caranya:
  7. Campur tepung tapioka dan telur  hingga merata
  8. Tambahkan sedikit air agar tidak terlalu pekat
  9. Masukkan adonan tepung tapioka  dengan perlahan-lahan ditambah kaldu ayam
  10. Aduk hingga adonan menjadi seperti bubur (jangan sampai terlalu pekat/encer) 
  11. Panaskan minyak secukupnya.Masukkan ayam ke dalam wajan, goreng hingga sedikit menguning. Kemudian masukkan bubur tepung tapioca (kanji) dengan sendok di atas ayam yang sedang digoreng (ayam jangan terlalu kering, agar bubur tapioka lebih lekat dengan ayam). Balik secara bergantian. Jika sudah kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan. 
  12. Saring minyak bekas menggoreng ayam, lalu di panaskan lagi. Goreng sisa bubur tepung (untuk membuat kremesan) dengan cara sendokkan sedikit demi sedikit di atas api kecil. Setelah kecoklatan, angkat dan tiriskan. (Saya biasanya menggunakan saringan untuk menggoreng kremesan. Dengan api kecil, saya letakkan adonan kremes dalam saringan, kemudian biarkan adonan jatuh langsung dari saringan ke dalam penggorengan. Maka akan dihasilkan kremes yang yang lebih halus.) 
  13. Ayam goreng Kremes siap di sajikan
Selain Resep Ayam Masak Merah, nugget ayam, resep ini juga bisa jadi variasi menu masakan ayam untuk keluarga di rumah. Untuk anda yang belum pernah membuatnya, anda boleh coba Resep Ayam Goreng Kremes dibuat di dapur kesayangan anda. Jangan takut gagal, karena pembuatannya cukup mudah kok. Selamat memasak ya!
(Sumber: Kombinasi resep dan cara membuat dari : Sumber: http://mamieksyamil.multiply.com/recipes/item/64/Ayam_Goreng_Kremes, http://bisnisukm.com/tips-membuat-ayam-goreng-kremes.html),
http://wisataseru.com/2011/11/resep-ayam-goreng-kremes-harum-kelapa/)

Komentar

Postingan Populer