Mempercepat kinerja Komputer

Memang agak menyebalkan kalau punya komputer lemot, dikit-dikit hang dan harus nunggu dulu, sebenarnya kecepatan suatu komputer tergantung dari kapasitas komputer itu sendiri. Kalau mau komputer cepat pastinya spesifikasinya harusnya yang terbaru, kalau itu sudah pasti. Akan tetapi bagaimana nasib komputer yang Cuma biasa-biasa saja. Disini saya hanya berbagi untuk memaksimalkan komputer yang kita punya agar kinerjanya maksimal, walaupun semua kembali dengan kemampuan komputer itu sendiri. Anda dapat menggunakan beberapa tips  untuk membuat PC Anda berjalan lebih cepat.
Mungkin ada banyak tweak yang besar dan hacks kinerja, sehingga alangkah bijaknya jika anda menambahkannya dengan komentar!
1.      Defragment hard disk komputer Anda menggunakan alat gratis seperti SmartDefrag .
2.      Anda juga harus defragment Windows pagefile dan registri .

3.      Bersihkan hard ruang hard disk yang diambil oleh file-file sementara, recycle bin, hibernasi dan banyak lagi. Anda juga dapat menggunakan tools seperti TreeSize untuk menentukan apa saja yang mengambil ruang pada hard drive Anda.
4.   Memuat Windows lebih cepat dengan menggunakan Startup Delayer , sebuah program gratis yang akan mempercepat waktu boot Windows dengan menunda startup program.
5.   Berbicara tentang program startup, banyak program tidak berguna dan dapat dimatikan. Gunakan utilitas msconfig di menu run untuk menonaktifkan program startup .
6. Secara default, ukuran file paging dikendalikan oleh Windows, yang dapat menyebabkan defragmentasi. Juga, paging file harus berada pada harddisk yang berbeda atau partisi dari partisi boot. Baca di sini pada aturan untuk kinerja terbaik paging file yang .
7.      Pada Windows XP dan Vista, Windows Search layanan pengindeksan dihidupkan untuk semua hard drive lokal. Mematikan pengindeksan adalah cara sederhana untuk meningkatkan kinerja.
8.   Jika Anda tidak terlalu memerlukan efek visual di Windows , Anda dapat mematikannya dengan masuk ke Options Kinerja.
9.      Anda dapat mengoptimalkan waktu boot Windows  menggunakan program gratis bernama Bootvis dari Microsoft.
10.  Bersihkan registri Anda dengan menghapus shortcut yang rusak, hilang bersama DLL, jalur yang tidak valid, referensi installer tidak valid dan banyak lagi.
11.  Salah satu alasan utama mengapa PC adalah lambat karena spyware. Ada banyak program untuk menghapus spyware, termasuk Ad-Aware , Antispyware Raksasa , SUPERAntiSpyware , dan banyak lagi.
12.  Jika Anda memiliki infeksi spyware lebih dalam yang sangat sulit untuk menghapus, Anda dapat menggunakan HijackThis untuk menghapus spyware .
13.  Hapus yang tidak diinginkan pra-instal perangkat lunak (alias software sampah) dari PC Anda yang baru menggunakan Decrapifier PC.
14. Nonaktifkan layanan yang tidak perlu Windows , pengaturan, dan program yang memperlambat komputer Anda.
15.  Manfaatkan Program gratis Tweak Windows XP dan Windows Vista tweak.
16.  Nonaktifkan UAC (User Account Control) pada Windows Vista
17.  Tweak pengaturan mouse Anda sehingga Anda dapat copy dan paste lebih cepat, gulir lebih cepat, navigasi cepat saat browsing dan banyak lagi.
18. Hapus file-file sementara dan tidak terpakai pada komputer Anda menggunakan program gratis seperti CCleaner. Hal ini juga dapat memperbaiki masalah dengan registri Anda.
19.  Hapus riwayat browsing Internet , temp file Internet, cookies untuk membebaskan ruang disk.
20.  Membersihkan folder Windows prefetch untuk meningkatkan kinerja. Nonaktifkan logo booting XP untuk mempercepat waktu boot Windows.
21.  Kurangi jumlah font pada komputer Anda.
22.  Memaksa Windows untuk membongkar DLL dari memori untuk membebaskan RAM.
23.  Jalankan program DOS dalam ruang memori yang terpisah untuk kinerja yang lebih baik.
24.  Matikan sistem restore hanya jika anda secara teratur cadangan mesin Windows Anda menggunakan perangkat lunak pihak ketiga.
25.  Pindahkan atau mengubah lokasi folder My Documents anda pada partisi yang terpisah atau hard drive.
26.  Matikan kinerja monitor standar pada hard disk Windows XP untuk meningkatkan kinerja.
27.  Mempercepat waktu boot dengan menonaktifkan port yang tidak terpakai pada mesin Windows Anda.
28.  Membuat ikon muncul lebih cepat saat browsing di My Computer dengan menonaktifkan mencari network file dan printer.
29.  Mempercepat browsing gambar dan video di Windows Vista dengan Vista Menonaktifkan cache thumbnail .
30.  Edit menu konteks klik kanan pada Windows XP dan Vista dan menghapus item yang tidak perlu untuk meningkatkan kecepatan tampilan.
31.  Gunakan Toolkit Kinerja Windows dan melacak log untuk mempercepat waktu boot Windows .
32. Mempercepat browsing internet Anda dengan menggunakan server DNS eksternal seperti OpenDNS.
33.  Meningkatkan kinerja Vista dengan menggunakan ReadyBoost , sebuah fitur baru dimana Vista dapat menggunakan ruang bebas pada drive USB anda sebagai mekanisme caching.
34.  Jika Anda memiliki koneksi internet yang lambat, Anda dapat menelusuri halaman web lebih cepat menggunakan layanan yang disebut Finch, yang mengubahnya menjadi teks sederhana.
35.  Gunakan Layanan Vista Optimizer untuk menonaktifkan layanan yang tidak perlu di Vista cukup aman.
36.  Mempercepat Mozilla Firefox dengan mengutak-atik pengaturan konfigurasi dan dengan menginstal yang disebut add-on FasterFox.
37.  Yang terakhir tentunya Pelajari cara untuk merakit komputer Anda sendiri dengan bagian-bagian tercepat dan hardware terbaik.
Demikianlah tips yang dapat saya berikan semoga bermanfaat, dan menghasilkan kinerja windows yang maksimal. InsyaAllah nanti bakal saya tambah kembali.

Komentar

Postingan Populer