Lebih Otomatis dan Cepat Bekerja dengan Macro di Excel 2007

Program olah data Microsoft Excel dikenal bisa meringkas pekerjaan menjadi lebih sederhana dan cepat. Sebut saja fasilitas Macro yang sangat membantu dalam otomatisasi dalam pekerjaan. Semisal, bila kita ingin mengkopi suatu isi cell B3 ke cell D3, paling tidak kita akan melakukan empat langkah (menempatkan pointer, copy, menempatkan pointer lagi, dan mem-paste).

Namun proses ini akan menyulitkan kita bila cakupan datanya tidak hanya sebuah cell tepati merupakan suatu blok arena (misalkan dari c3:c300). Sebab pada waktu men-drag blok bisa saja tidak pas. Dengan macro kesulitan ini akan terpecahkan, bahkan lebih praktis dan cepat.
Fasilitas Macro bisa diaktifkan melalui Excel Option dengan memilih trust center, lalu enable all macro dan trust acces to the VBA project model.
Macro bisa dijalankan melalui 3 cara antara lain:
• Melalui tombol Run pada kotak Macro
• Melalui Shortcut Key
• Dengan memberi penugasan (assign) kepada objek
Lebih lengkap, Moch. Tofik membahas lebih dalam soal macro dalam bukunya Bekerja Secara Otomatis di Microsoft Office Excel 2007 dengan Macro. Dalam buku yang berbonus video panduan ini dijelaskan langkah-langkah seperti:
• Menggabungkan fungsi dan rumus dengan macro
• Menggabungkan fasilitas data vallidation, conditional formatting, dan combo box dengan macro
• Mencari, menghapus, menyaring, dan mengkopi data dengan kriteria tertentu
• Menggabungkan Pivot Tabel dengan Macro
Agar mudah dipahami, Moch. Tofik, sengaja merancang buku ini melalui langkah-langkah dan gambar pendukung, hingga mudah ikuti siapa pun, termasuk orang awam. Ingin tahu lebih lanjut cara mengoperasian fasilitas macro pada excel? Silakan simak buku terbitan mediakita ini.
http://mediakita.com/Lebih-Otomatis-dan-Cepat-Bekerja-dengan-Macro-di-Excel-2007.html

Komentar

Postingan Populer