Tips menstimulasi otak Balita


Tips menstimulasi otak Balita. Anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua tapi tidak cukup hanya mengandalkan harapan. Orang tua pun perlu berperan aktif untuk memberikan rangsangan yang tepat bagi balita terutama sejak si anak lahir hingga usia lima tahun berikut tips menstimulasi otak Balita.

  1. bagi ibu yang bekerja, tunda selama mungkin untuk kembali bekerja. Tahun pertama pertumbuhan bayi merupakan saat penting membangun ikatan dan proses kasih saying antara bayi dan orang tua terutama ibu. Jika ayah atau ibu berada dirumah selama setahun pertama bayi anda akan merasa nyaman dengan anda dan siapa pun.
  2. Beri ASI selama mungkin. ASI mengandung semua kebutuhan bayi untuk mengembangkan otak dan system saraf. Juga memberikan kekebalan terhadap infeksi virus maupun bakteri. Bahkan menurut sebuah penelitian bayi yang disusui memiliki kecerdasan lebih dibandingkan bayi yang tidak diberikan ASI.
  3. Bawa bayi bersama anda kemanapun anda pergi, bila itu memungkinkan. Gerakan fisik kebelakang dan kedepan saat anda berjalan dan condong kedepan merangsang bagian otak bayi untuk keseimbangan dan posisi tubuh. Bayi yang digendong biasanya lebih cepat daripada yang tidak.
  4. berikan sentuhan kapanpun bila memungkinkan. Sebab, sentuhan merupakan cara yang paling baik untuk menstimulasi otak Balita.
  5. Tanggap terhadap apa yang dibutuhka. Ketika bayi menangis, dia sedang mengkomunikasikan bahwa dirinya butuh kenyamanan, butuh makanan atau popoknya minta diganti. Dengan merespon dengan cepat kebutuhannya, bati anda akan belajar bahwa ayah atau ibunya bisa diandalkan.
  6. Bacakan cerita dan nyanyikan lagu. Bahasa dan musik merupakan cara yang bagus untuk merangsang pertumbuhan bayi.

Dengan demikian semakin lama meluangkan waktu bersama balita anda dan berinteraksi dengannya semakin anda membantu menstimulasi dan memperkuat ikatan otak bayi anda.

Komentar

Postingan Populer