Tips bagi balita yang aktif


Tips bagi balita yang aktif, Balita yang berumur 12 bulan atau lebih dimana mulainya aktipitas seperti berjalan dan akan menjelajahi lingkungannya dengan tidak perduli pada bahaya disekelilingnya, berjalan dengan tertatih-tatih yang menggemaskan semua orang tuanya, wajah yang penuh rasa ingin tahu terkadang jatuh karena
keseimbangannya yang belum stabil.
Aktivitas yang dialami oleh balita tersebut sangat penting untuk perkembangan berbagai kemampuan si Balita seperti kemampuan gerak kasar, gerak halus, keseimbangan, penglihatan, percaya diri, emosi dan kognitif.
Dalam hal ini orang tua sangat berperan aktif agar memberikan ruang untuk si kecil agar bergerak bebas dan lincah menjelajahi lingkungannya. Dan harus tetap dalam pengawasan orang tua agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan.
Ajaklah selalu si Balita diwaktu luang dengan permainan yang cocok dengan anak-anak diusianya seperti puzzle, mainan kubus yang terbuat dari bahan yang tidak berbahaya, mencoret-coret pada kertas dan mainann yang dapat mengasah kreativitas anak.
Berikut tips agar si balita selalu dalam keadaan aman ketika bermain:
  1. Bersihkan dan singkirkan benda-benda yang keras dan yang bisa membuatnya tersandung dan terjatuh.
  2. Singkirkan benda-benda yang tajam yang harus diajuhkan dari jangkauan anak-anak agar lebih leluasa dalam bermain.
  3. Biarkan si balita bergerak sesukanya dilantai yang sudah dipastikan bersih dan aman untuk anak-anak.
  4. Pengawasan orang tua ataupun pengasuh sangat penting, jangan biarkan lengah dari pengawasan.
  5. Berikan kebebasan untuk menjelajahi lingkungan yang aman agar rasa ingin tahunya terpuaskan dan mengmbangkan berbagai kemampuannya kelak si bayi akan lebih gembira, cerdas dan percaya diri.
Semoga berguna tips nya.

Komentar

Postingan Populer