Bencana Wasior, Merapi dan Mentawai


Akhir-akhir ini banyak bencana alam yang melanda negeri ini tanah air kita Indonesia, seperti bencana alam banjir bandang di timur Indonesia Papua barat tepatnya di Wasior kabupaten Teluk Wondama, dimana telah memakan korban jiwa hingga senin tanggal 18 Oktober 2010 telah mencapai 158 orang dengan 145 masih dinyatakan hilang. Hingga kini para korban bencana masih ditempat pengungsian.
Belum selesai bencana di wasior kemudian pada bulan Nopember ini terjadi aktifnya gunung merapi yang terletak di yogyakarta dan jawa tengah gunung merapi yang masih sangat aktif hingga sekarang dan telah meletus sebanyak 68 kali sejak tahun 1548 dimana terjadi letusan-letusan kecil tiap 2 sampai 3 tahun sekali kini di tahun 2010 sudah mulai menyemburkan awan panas yang sudah memakan korban jiwa sebanyak 28 orang  termasuk kuncen atau juru kunci gunung merapi mbah marijan dan menyebabkan belasan luka bakar.
Letusan yang terjadi pada hari Sabtu tidak besar abunya sampai Yogyakarta dan sekitarnya. terjadi letusannya hanya 21 menit, sedangkan pada  waktu hari Selasa (26/10) petang  lamanya letusan sampai 33 menit. Energi Merapi kali ini tiga kali lebih besar dari tiga letusan yang terjadi pada tahun 1997, 2001 dan 2006.
Belum selesai gunung merapi kemudian terjadi bencana gempa bumi 7,7 SR yang  mengakibatkan tsunami di kepulauan mentawai yang sampai dengan Sabtu tanggal  30 Oktober 2010 korban meninggal mencapai 421 orang.
Semoga menjadi teguran bagi kita semua untuk memelihara dan tidak membuat kerusakan dimuka bumi ini dan tidak membuat menangis ibu pertiwi.

Komentar

Postingan Populer